Selasa, 02 April 2019

Helo, Ibun!

Assalamu'alaikum...

Kemarin Elana pas 3 bulan! Sudah semakin sehat dan semakin "berbobot" 😁 MasyaAllah. Setelah melewati 3 bulan sebagai ibu baru (call me Ibun!) , Alhamdulillah sudah lebih bisa menyesuaikan. Walaupun masih butuh banyak belajar. Karena title ini tidak mudah ternyata, tidak selalu seindah bayangan-bayangan sebelum jadi ibu. Dan ternyata melahirkan sepertinya salah satu hal termudah dibanding perjalanan panjang setelahnya😍 .

Awal - awal setelah pulang ke rumah dari RS, mulailah penyesuaian bukan cuma bayinya saja, ibunya pun butuh penyesuaian dengan title ini. Menyusui adalah salah satu rintangan yang harus dilewati. Alhamdulillah asi ku sudah keluar bahkan sebelum melahirkan, sehingga cerita tentang penantian asi tidak aku rasakan. Namun saat menyusuinya merupakan tantangan pertama. Saat pelekatan belum juga benar, puting yang sangat sakit, dan rasa lelah yang di rasakan jika harus menyusui setiap 2 jam sekali itu yang membuat menyusui terasa lelah. Alhamdulillah suami mau membantu, menemani dan selalu mendukung. Bahkan saat malam, saat perasaan merasa down (Aku sempat menangis setelah pulang kerumah saat menyusui di malam hari😢), badan sangat lelah menjaga bayi. Ia ada disana menemani walau besoknya berangkat kerja pagi dan lebih jauh dari rumah (tinggal di rumah orangtua). Hal itu salah satu yang membuat ibu baru tetap "waras". Sebulan awal adalah penyesuaian, Ibu baru membutuhkan banyak dukungan positif dari suami dan lingkungan sekitarnya.

Sebenarnya sampai saat ini pun kami (aku, suami, bayiku, keluarga besar) masih menyesuaikan diri dengan kehadiran manusia kecil ini ditengah-tengah kami. Selama 3 bulan ini, kurang lebih aku sudah bisa membaca sinyal-sinyal yang baby El inginkan, seperti saat ia haus, mengantuk/lelah, bosan, kepanasan/kedinginan, tertarik akan sesuatu. Tentu saja aku masih butuh banyak belajar. Alhamdulillah orang-orang di sekitarku pun ikut membantu aku sebagai ibu baru yang benar-benar tidak tahu apa-apa, belajar hanya berdasarkan membaca informasi, bertanya dengan yang sudah pernah menjalani ataupun pengamatan pribadi. 

Terkadang pernah juga aku  merasa bahwa keluarga/lingkungan sekitar kurang mendukung (orang-orang tertentu) seperti memberi masukan yang menurutku tidak tepat, memberi komentar di waktu yang salah, ataupun malah memaksakan pendapatnya yang ia pikir paling benar. Positifnya mungkin mereka hanya ingin ikut mendukung atau menolong dengan caranya sendiri. Mungkin ingin ikut terlibat dalam pola asuh baby El. Mungkin karena mereka perhatian dan sayang sama baby El. lihat positifnya ya seperti itu saja. Biasanya aku cukup bilang saja "iya..." jika diberi masukan tanpa perlu mengajak debat, bahkan sampai mencari referensi untuk menjatuhkan pendapatnya. Diikuti apa tidak ya itu urusan masing-masing. Jadi inget kata-kata teman : "Bagaimana pun juga lo ibunya, lo yang paling tahu yang terbaik untuk bayi lo, karena itu Allah SWT titipin El ke lo"

Bener juga...😊

Love u always baby El, 
Semoga Ayah dan Ibun bisa membesarkan kamu dengan baik.❤👪

Tidak ada komentar:

Posting Komentar