Jumat, 17 Juni 2016

Mengenal jenis-jenis Bahan / Kain

Beberapa waktu belakangan lagi doyan-doyannya jualin barang orang atau sendiri by online. Salah satu jenis barang yang dijual yaitu pakaian. Ada dress, kemeja, tunik, celana, rok, kaos dll. Dari sekian banyak pakaian yang didagangkan, banyak pula jenis kainnya. Dan banyak pula yang menanyakan jenis kain yang tertera itu seperti apa. Jangankan yang beli, terkadang yang jual pun bingung. hehehe.

Berikut beberapa jenis bahan/kain baju dan penjelasan singkatnya dari berbagai sumber. next kalau ada yang kurang semoga inget untuk di update, lumayan untuk contekkan. ^^

1. Bahan Katun
Bahan katun dibuat dari serat kapas alami oleh karena itu ringan dan sangat nyaman dipakai. Teksturnya halus, lembut tetapi kuat dan tahan lama. 
2. Bahan Katun Rayon
Teksturnya sedikit licin dan jatuh, Bahan terasa dingin (adem) dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman dipakai di berbagai kondisi cuaca. Tetapi, katun rayon juga mudah kusut.
3. Bahan Katun Bangkok
Tekstur agak sedikit kasar, lebih tipis dari katun biasa sehingga kadang ada beberapa jenis katun bangkok yang menerawang. Biasanya banyak dibuat menjadi kemeja atau jenis blouse lainnya.
4. Bahan Katun Jepang
Katun jepang terbuat dari 100% full cotton tanpa campuran bahan sintetis lainnya. sehingga lebih lembut, halus dan ringan dibanding katun biasa. Dapat menyerap keringat dengan baik. Color full, motif lucu, cerah, bunga-bunga/ motif-motif indah lainnya.
5. Bahan Katun Denim
katun denim adalah bahan yg mempunyai tekstur halus dan lebih tipis dari soft jeans (yang biasa digunakan untuk jegging), bahan ini lemas dan tidak stretch, serta lebih bersifat kain dibanding sebutan jeans. tapi tampilan atau motif warna persis dengan jeans pada umumnya.
6. Bahan Denim
Sebenernya ini nama bahan dari Jeans (Celana). Namun bahan denim yang biasa disebutkan dalam online shop, biasanya bahannya lebih tipis dari denimnya untuk celana jeans. 
7. Bahan Jeans Wash
Adalah bahan denim yang telah melalui proses pencucian, sehingga warna denim secara keseluruhan terlihat lebih cerah. Jenis ini lebih lemas dari jenis raw jeans (langsung dijahit tanpa pencucian. bahan kaku dan keras), namun lebih kaku dari denim yang biasa digunakan untuk jegging.
8. Bahan Kosibo
Bahan ini bertekstur lembut, berkarakter crepe dengan sandy effect alias efek berpasir, dan jatuh serta lekukannya terlihat bagus. Bahannya breathable dimana tidak akan merasa panas saat digunakan, dan bahannya agak mengkilat.
9. Bahan Flanel
Adalah kain tenun lembut dan halus terbuat dari wol, katun atau serat sintesis (buatan). Bahan flanel cukup tebal, dan apabila disikat akan menjadi lebih lembut, namun akan banyak serat-serat halus dibagian yang disikat.
10. Bahan Crepe
Bahan yang mempunyai tekstur yang menimbul terlihat seperti berkerut/berpasir/berkerikil, namun saat dipegang tidak kasar, sifat bahan lentur atau tidak kaku.
11. Bahan woll Crepe
Bahan ini sering dipakai untuk jaket, rompi, coat dan rok. Bahannya tebal dan kaku serta agak panas di badan. tekstur mirip sifon namun lebih padat dan tebal.
12. Bahan Babyterry
Bahan ini lembut, lentur dan mampu menyerap air karena terbuat dari katun (serat kapas). Bahan ini cenderung agak tebal dibandingkan kaos. Teksturnya padat dan terkesan hangat jika digunakan.
13. Bahan Twiscone
Twistcone ini mirip dengan sifon (biasa digunakan untuk kaftan), hanya saja lebih tebal. Sama seperti sifon, bahan ini tidak melar, dan tidak maksimal dalam menyerap keringat
14. Bahan Spandek
Adalah bahan kaos lembut, terbuat dari serat sintetis yang sangat elastis. Walaupun terbuat dari serat sintetis, bahan spandek sangat adem dan berdaya serap baik. Bahan spandek ringan dan mengikuti bentuk tubuh.
15. Bahan Spandek rayon
Bahan ini merupakan campuran antara bahan spandek dan katun rayon. Oleh karena itu, walau tetap bisa melar bahan ini tidak seelastis bahan spandek. Campuran katun rayon dalam bahan ini membuatnya adem dan dingin ketika dikenakan. Sebaiknya cuci pakai tangan saja agar teksturnya tetap halus.
16. Bahan Spandek Lycra
Bahan spandek yang memiliki tekstur licin yang bisa digunakan untuk bahan pakaian senam atau olahraga lain. Banyak online shop menyebut bahan ini sebagai bahan spandek korea. Teksturnya halus, licin dengan tampilan sedikit berkilau seperti satin. Kurang menyerap keringat tetapi bahannya ringan dan jatuh sehingga sangat baik dalam mempertahankan bentuk dari model bajunya.
17. Bahan Ceruty
Teksturnya mirip kulit jeruk, dan juga elastis karena mengandung sutra. Penampakannya sekilas mirip sifon juga tapi sedikit lebih tebal. Ketika dipakai sebagai bahan baju, ceruty juga sering menggunakan furing sebagai lapisan dalamnya agar tidak nerawang saat dipakai.
18. Bahan Jersey
Bahan jersey untuk gamis beda ya dengan jersey untuk kaos bola, kalau kaos bola jersey jenis licra. Sedangkan kalau jersey untuk gamis bahannya agak tebal, serat halus, tidak transparan, dan jatuh jika digunakan.
19. Bahan Waffle
Salah satu jenis kain tipe rajut yang bertekstur seperti kulit jeruk (permukaan tidak rata), dapat menyerap keringat karena terbuat dari katun. Rajutannya agak renggang tidak padat. bahan pun agak tebal dan berbobot namun tidak jatuh deperti bahan spandek.
20. Bahan Lacoste
Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kaos polo/ kaos berkerah.
21. Bahan Wedges
Wedges bentuknya tebal, sedikit licin, kaku dan agak stretch ( melar) . Cocok digunakan sebagai baju2 formal seperti blazer, jas, dan pakaian – pakaian kerja lainnya
22. Bahan Scuba
Bahan ini sering digunakan untuk membuat pakaian selam. Karakter kainnya tahan noda, daya stretch yang baik, mudah kering, halus, terasa empuk. Bahan ini cukup tebal atau tidak telalu "jatuh"
23. Bahan Satin
Bahan ini mempunyai ciri yang mengkilap dan licin dibagian luar, dan dibagian belakang kebalikannya tidak mengkilap dan licin. Satin Silk : Bahan lebih lembut tipis dan glossy. Satin velvet : kain satin yang lebih tebal, jatuh, dan tidak terlalu mengkilap seperti silk.

Kayaknya segitu dulu, next time kalau ada yang baru di update lagi... ciaooo!

Sumber : berbagai sumber yang disatukan.

17 komentar:

  1. tulisan kalo bisa warna hitam aja,,, lumayan sakit mata sy kalo terlalu terang bacanya..Termia kasih.......

    BalasHapus
  2. Mbak lw jenas washed itu lebut to lasar

    BalasHapus
  3. Kk bahan milano itu kayak apa lembut atau kasar

    BalasHapus
  4. Kak kalau bahan milano sih apa ea

    BalasHapus
  5. Membantu sekali keterangn ttg bahan dasar kain...sya penjual online dan ini sangt" membantu pelanggan saya yg bnyk tnya ttg bham dasar dri apa...panas atau nggak dsbgny...thanks yah makcik

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Kak, bedany wedges dgn wedges crepe ap? Dan bagus yg mna

    BalasHapus
  8. Biar lebih komplit ada contoh gambar pakaian yang dari bahan tersebut.trimakasi dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. Ka beda nya milano crepe sama crepe apa? Trus rekomended yg mana antara dua itu ?

    BalasHapus
  10. Kak bahan milano itu seperti apa ya??

    BalasHapus
  11. Terima kasih kak atas infonya, sangat membantu sekali. Boleh dong kak gantian berkunjung ke situs kami yang akan membantu dalam order kain kaos. Silahkan cek di fitinline.com
    Regards
    Fitinline

    BalasHapus
  12. Sama nggk mbak kain jersey sama kain lemon skin.?

    BalasHapus