Minggu, 26 Juni 2016

Perencanaan Mudik Motor 2016

Ramadhan kali ini sudah Ramadhan kedua setelah menikah, dan sudah berkali-kali mudik ke kampung suami Purwokerto. Tapi, baru pertama kali ini kepikiran untuk mudik pakai motor. gila?! pakai motor?! apa gak jauh? ya jauh, tapi saya nggak gila ^^ jarak dari depok - purwokerto kurleb (kurang lebih) 390 km.
Kenapa mudik pakai motor?
1. Kehabisan tiket kereta untuk di tanggal yang di tentukan, yaitu seminggu setelah lebaran.
2. Mumpung masih muda masih kuat untuk naik motor jauh
3. Mending dikatain "gila" sekarang, daripada nanti udah tua dikatain begitu, sakiiitnya tuh disini :p
4. Bisa nambah bahan cerita hidup, bisa di ceritain juga ke anak cucu.
5. Pengen liburan yang seru!
Yaaa, alasannya kurleb itu.

Setelah mutusin untuk mudik pakai motor, mulai lah persiapan untuk semuanya. Persiapan awal adalah browsing untuk cari tahu jalannya, karena suami juga belum pernah mudik pakai motor, jadi nggak tahu secara pasti jalannya. Banyak kok yang share rute mudik dari Jakarta-Purwokerto, misal salah satunya ini

Atau ada yang share seperti ini disalah satu blognya "Rute yang kami tempuh yaitu Jakarta - Bekasi Kota - Cikarang - Karawang - Sukamandi - Pamanukan - Lohbener - Arjawinangun - Cirebon - Brebes - Tegal - Slawi - Bumiayu - Purwokerto. Kami memilih lewat Slawi karena takut kena macet di jalur Ketanggungan Brebes"

Sebenernya bebas mau lewat mana saja, kesukaan masing-masing. Suami lebih milih pantura, karena kata dia jaraknya lebih pendek dibanding jalur selatan. Untuk estimasi waktu tempuh, masing-masing pemotor juga berbeda-beda. Ada yang bilang 9 - 15 jam, tergantung berapa lama ybs memacu kendaraannya, keadaan jalan, banyaknya istirahat, de el el faktor lainnya. Oia faktor tanggal keberangkatan atau pulang juga berpengaruh terhadap lamanya perjalanan. Banyaknya kendaraan yang mudik juga pasti akan menambah kemacetan di jalan. Aku dan suami memutuskan untuk berangkat H+9 setelah lebaran, mungkin karena terpikir bahwa tanggal segitu, orang-orang mulai pulang kembali ke Jakarta. Semoga saja perkiraan kami benar.

Ok, setelah sudah mendapatkan rute mudiknya. Sekarang membuat ceklis apa saja yang harus dipersiapkan. Karena mudiknya pakai motor, maka motornya yang harus dibuat kuat staminanya. Mulai service besar, ganti oli, ganti ampas rem, dan ganti lainnya yang perlu diganti agar motornya lebih fit untuk bepergian jarak jauh. Motor suami new vixion, masih puolos gak dimacem-macemin. Urusan permotoran adalah urusannya dia, urusan Wapres selain motor dan cari jalan sebenernya. hehehe.

Kemarin sempat membuat ceklis contohnya seperti ini ceklist untuk memudahkan pemula mudik motor agar tidak ada keperluan yang tertinggal. Tapi jangan sampai juga kebanyakan bawa barang, agar tidak repot dijalan. Kalau mau bawa makanan berat pun bisa, dibungkus pakai kertas nasi agar bisa dibuang jika sudah habis sehingga tidak memberatkan bawaan. Kalau mau bawa makanan ringan, cari cemilan yang manis, untuk menambah kekuatan di perjalanan. Karena dengan membawa makanan bisa lebih menghemat pengeluaran, dibanding jajan di sepanjang perjalanan. Tapi kalau mau jajan sembari istirahat ya monggo ^^.

Sepertinya cukup itu saja dulu yang harus dipersiapkan, nanti di update lagi apa saja yang perlu ditambahkan atau dilakukan.

Ciao.!

Sumber : 
http://www.riskiringan.com/2013/08/mudik-motor-1434-h-jakarta-bumiayu-part.html
http://www.everytrail.com/view_trip.php?trip_id=1113646

Tidak ada komentar:

Posting Komentar