Senin, 28 Maret 2016

Comment : Film - Broklyn (2015)


Sebenarnya film ini sudah lama nangkring di folder downloads di laptop, tapi apa daya, mood menentukan segalanya, bahkan film apa yang akan di tonton. Pagi ini saat suami sudah berangkat kerja dan beberes sudah dilakukan, jadi tinggal me time. Karena suasana hati sedang hangat, sehangat udara di luar jendela kamar, maka film Broklyn pilihannya. Film ini diangkat dari novel karangan Colm Tóibín, dengan judul yang sama. Menceritakan tentang kehidupan gadis Irlandia bernama Eilis Lacey (Saoirse Ronan) yang berimigrasi dari Irlandia ke Brooklyn, Amerika di tahun 1952-1953 untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. 

Kakak kandungnya, Rose Lacey (Fiona Glascott) seorang akuntan, memiliki kenalan Pastur di Brooklyn yaitu Father Flood (Jim Broadbent) yang dapat membantu Eilis mendapatkan pekerjaan dan rumah singgah. Sesampainya di Brooklyn Eilis tinggal di rumah singgah Madge Kehoe (Julie Walters) bersama beberapa gadis dan bekerja sebagai Spg di Dept.Store setempat. Yang namanya pergi jauuuh dari rumah pasti akan ditimpa homesickness, begitupun Eilis. Dia merasakan itu setelah menerima surat dari kakaknya di Irlandia. Father Flood yang merasa kasihan akhirnya membiayai Eilis untuk mengambil kelas malam jurusan Akuntansi di Brooklyn College di waktu luangnya, agar dapat melewati homesickness, karena menurutnya  "homesickness is most sicknesses, It'll make you feel wretched, and then it'll move on to somebody else"

Diluar kegiatan kuliah dan bekerjanya, Eilis juga datang ke pesta dansa perkumpulan orang-orang Irlandia. Disana Ia bertemu dengan pemuda Italia bernama Anthony Fiorello (Emory Cohen) yang sangat menyukai gadis Irlandia dan akhirnya menjadi pacarnya, dan membuat hari-hari Eilis di Brooklyn menjadi jauh lebih menyenangkan dari sebelumnya. Tony pun serius dengan Eilis dan mengenalkannya pada keluarganya. Suatu hari datang berita bahwa Rose meninggal dunia tiba-tiba karena sakit. Hal ini membuat Eilis sedih dan bimbang apakah harus pulang atau tetap di Brooklyn karena mencintai Tony. Akhirnya keputusan Eilis adalah pulang terlebih dahulu ke Irlandia dan sebulan kemudian kembali lagi ke Brooklyn. Tony setuju, namun dengan syarat mereka menikah terlebih dahulu tanpa perlu teman dan keluarganya tahu, dan Eilis pun setuju. Akhirnya mereka menikah.

Setelah kembali ke Irlandia, sahabat dekatnya Nancy (Eileen O'Higgins) menikah, sehingga Eilis mesti menunda kepulangannya. Selama tinggal di Irlandia, Nancy mencoba mendekatkan Eilis dengan Jim Farrell (Domhnall Gleeson), kenalan masa lalu mereka, dimana Jim adalah seorang pewaris property di Irlandia. Jim sudah mengenalkan Eilis dengan keluarganya, bahkan ibunya Eilis pun merasa senang dengan kedekatan mereka. Kedekatannya dengan Jim, kepopuleran Eilis di kotanya, part time jobnya sebagai akuntan (menggantikan kakaknya), membuatnya seakan bertambah betah di Irlandia dan berat untuk kembali ke Brooklyn. Bahkan surat-surat dari Tony pun hanya disimpan tanpa dibaca. Ia merasa kehidupannya saat ini lebih baik daripada kehidupannya sebelum ke Brooklyn.

Suatu hari Miss Kelly (Bríd Brennan) yang merupakan mantan atasannya di sebuah toko, mengajaknya berbicara bahwa Ia memiliki kenalan yang tahu bahwa Eilis telah menikah dengan orang Italia di Brooklyn. Hal itu membuatnya kaget dan tersadar bahwa sebenarnya dulu Ia ingin pergi dari kotanya karena orang-orangnya selalu kepo dan selalu ikut campur urusan orang lain. Seketika itu juga ia memesan tiket untuk kembali ke Brooklyn. Sesampainya di rumah ia memberitahu Ibunya bahwa ia sudah menikah di Brooklyn dan akan kembali kesana esok harinya. Ibunya sedih namun melepaskannya. Selama diperjalanan kembali ke Brooklyn di atas kapal, Ia bertemu dengan gadis Irlandia yang akan dan baru pertama kali ke Brooklyn. Ia melihat dirinya yang dulu, dan memberikan beberapa nasihat serta arahan sama seperti yang dahulu Ia terima saat pertama kali pergi ke Brooklyn oleh seorang wanita. Setibanya di Brooklyn, ia menghampiri suaminya Tony and happy ending deh ^^,

"You'll feel so homesick that you'll want to die and there's nothing you can do about it
apart from endure it. But you will, and it won't kill you. And one day the sun will come out.You might not even notice straightaway, it'll be that faint. And then you'll catch yourself thinking about something or someone who has no connection with the past, someone who's only yours, and you'll realise...that this is where your life is."

Kalau dilihat dari sinopsisnya, film ini film romantic yang simpel. Tapi jadi simpel dan special setelah di tonton ^^. Aku pribadi sempat merasa "ih, bodoh bingit sih Eilis bisa sampai kegoda Jim" tapi siapa yang tahu keputusan apa yang akan diambil seseorang kalau tidak berada di posisi orang tsb. Tapi endingnya sih bikin happy, karena aku lebih seneng Eilis kembali ke suaminya, yang kelihatannya sangat mencintai Eilis. Cocok nih film untuk dijadiin tontonan ringan yang bikin "hangat" ^^,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar