Minggu, 22 Oktober 2017

Sambal eMAKCIliK

Belum lama ini mendapatkan oleh-oleh sambal dari seorang teman yang baru saja datang dari Surabaya. Sambal yang dia bawa memang sudah terkenal untuk namanya. Pedasnya mantab dan enak. Satu botol biasanya akan habis hanya dalam beberapa kali makan, karena memang suami pecinta sambal. Setelah sambalnya habis, terpikir kenapa gak coba bikin sambal sendiri. Karena yang diinginkan sambal bawang, maka cukup Bawang Merah, Cabe, Garam dan Gula bahannya. Begini cara membuatnya :

  • Cuci bersih cabe yang akan digunakan, jangan lupa kupas kulit bawang merahnya.
  • Panaskan minyak di penggorengan, goreng Cabe dan bawang merah hingga agak layu.

  • Haluskan Bawang merah dan cabe yang sudah di goreng, bisa dengan diulek ataupun diblender. Untuk tekstur halus atau kasarnya bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Jangan lupa tambahkan garam dan gula untuk penyedapnya.

  • Setelah di haluskan atau di hancurkan, bawang dan cabe di goreng kembali dengan minyak panas. Sebentar saja tidak perlu lama.
  • Setelah di goreng, bisa langsung di tempatkan di tempat yang diinginkan. Yang di tempatkan bukan hanya sambalnya saja, sertakan juga minyak yang tadi digunakan untuk menggoreng. 
 Voilaaaaa.... jadilah sambal eMAKCIlik ^^, 


Enaknya membuat sambal sendiri adalah untuk kadar kepedasan bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Jika pecinta pedas, maka cabe-nya bisa ditambah. Jika tidak suka terlalu pedas bisa disesuaikan. Ingin mengurangi garam, ya tinggal dikurangi garamnya, dll. Dan yang pasti dari semuanya adalah kalau membuat sambal sendiri bisa lebih irit dibandingkan membeli sambal. ^^

Selamat berkreasi!

Happy Tummy, Happy Family!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar