Rabu, 06 Januari 2016

Proses Penyembuhan

23-12-15

Keadaan ku sudah berangsur pulih, rasa sakit di bagian perut sudah banyak berkurang, bahkan Alhamdulillah, sudah jauh berkurang.
 
Beberapa hari yang lalu, aku sempat kembali lagi dirawat di rumah sakit selama satu minggu (11 – 18/12/15) karena ada infeksi di bekas jahitannya, sehingga jahitannya ada yang terbuka. Plus karena aku alergi dengan plester hypafix dan plester anti air, sehingga memperparah rasa sakitnya, karena bekas-bekas alerginya menimbulkan luka baru di sekitar jahitannya. Saat ini aku hanya menggunakan micropore untuk perekat verbannya.

Setelah pulang pasca operasi sc, di hari sabtu 5/12/15 ada rembesan warna di perban perutku setelah menghubungi dokter diminta untuk dilihat perkembangan di hari minggu, apakah bertambah banyak, ternyata bertambah banyak di hari minggu. Hari senin akhirnya control ke dokter di RB.DJ dan dilihat ternyata memerlukan perawatan pergantian verban setiap hari untuk mengeluarkan nanah. Setiap hari dimulai dari hari selasa hingga control selanjutnya di hari jumat, aku bolak balik ke RB untuk mengganti Verban.

Saat jumat bertemu dengan dokter, ternyata perlu penanganan lebih intensif, sehingga beliau merujuk kembali ke RS.H untuk dirawat malam itu juga. Akhirnya kami sekeluarga (bapak,ibu,suami dan aku) langsung meluncur ke RS.H.

Sama seperti waktu di RB, saat-saat awal gv (ganti verban), rasa sakitnya tidak tertolong, karena jahitannya di pencet-pencet untuk mengeluarkan nanahnya atau saat dimasukan salep antibiotic ke dalam perutnya menggunakan kapas lidi, dan terkadang pengambilan jaringan mati (kalau ini tdk sakit, hanya terasa ada yang ditarik-tarik dari perut). Setelah beberapa hari keadaanku mulai berangsur membaik, karena di RS.H pergantian verban dilakukan setiap waktu, saat terlihat rembesan sudah ada, langsung dilakukan gv. Jadi kira-kira dalam satu hari bisa sampai 5x dilakukan gv, dan itu membuat sakit diperutku berkurang. Hingga akhirnya Alhamdulillah nanahnya sudah tidak ada lagi, sehingga aku diperbolehkan untuk rawat jalan. Sebenarnya ada dua opsi, mau homecare, atau datang ke RS, akhirnya aku dan keluarga memutuskan untuk homecare dengan biaya yang disepakati, jadi tidak bolak balik ke RS, karena jaraknya pun lumayan jauh dari rumah serta tidak perlu selalu cari taksi untuk menuju kesana.

Setiap hari selama dua hari, perawat yang biasa merawatku di RS, datang kerumah, ramah-ramah perawatnya. Kemudian pada hari Senin, kembali aku control ke RS untuk bertemu dokter. Dilihat perkembangannya makin membaik namun masih perlu perawatan, dan hari ini, pagi tadi pun aku control untuk gv dengan dokter, dan Alhamdulillah semakin membaik dari hari senin lalu. Namun masih juga perlu perawatan sampai benar-benar menutup luka operasi ini. 

Aku diminta untuk tidak memantang makanan apapun, memperbanyak konsumsi protein agar semakin cepat badan ini membuat sel baru untuk menutup lukanya, telur, ikan, ayam, daging, sayur mayur dan satu lagi pesan si dokter. Jangan lupa untuk membuat diriku senang, bersenang-senang seperti nonton starwars misalnya \(-_-‘)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar